Text
Pendidikan Kaum Tertindas
Penulis buku Pendidikan Kaum Terindas, Paulo Freire adalah seorang pendidik dan filsuf Brasil yang bergumul dengan pertanyaan identitas budaya dan kerinduan untuk bebas dari penjajahan Portugis. Ia mengalami kelaparan saat dibesarkan dalam keluarga kelas menengah saat krisis ekonomi melanda Brazil. Berangkat dari masa lalunya tersebut, ia bertekad untuk mengakhiri kelaparan bagi semua orang Brazil melalui jalan pendidikan. Paulo Freire menolak masyarakat berbasis kelas (Freire, 2000), dan dia percaya pada kaum tertindas, bahwa mereka mampu membuat perubahan bagi komunitas mereka sendiri.
Buku ini ditulis pada tahun 1970 sebagai metodologi dan bahasa pemberdayaan yang tidak hanya mengadvokasi perubahan sosial, tetapi juga untuk memberdayakan kaum tertindas dan mereka yang bersedia berjuang untuk kaum tertindas. Freire menunjukkan bahwa meskipun kaum tertindas tampak "bodoh", namun mereka memiliki kapasitas untuk memandang dunia secara kritis. Misalnya, di akar rumput tampaknya mereka buta huruf atau tidak tahu cara membaca dan menulis tetapi mereka memiliki kearifan lokal untuk hidup terampil dalam kehidupan sehari-hari.
Selain itu, buku Pendidikan Kaum Tertindas menyediakan instrumen kritis untuk merefleksikan dan memahami proses melalui hubungan antara kaum tertindas dan penindas. Oleh karena itu, pedagogi kaum tertindas adalah "instrumen untuk penemuan kritis mereka bahwa baik mereka maupun penindasnya adalah manifestasi dari dehumanisasi" (Freire, 2000, hlm. 48).
P1002308S | 102 FRE p | SIRKULASI FIB (100) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain