Text
Pedoman Pendidikan Budaya dan Karakter Bahasa
Pendidikan karakter ditempatkan sebagai landasan untuk mewujudkan visi pembangunan nasional, yaitu mewujudkan masyarakat berakhlak mulia, bermoral, beretika, berbudaya, dan beradab berdasarkan falsafah Pancasila.
Upaya pembentukan karakter sesuai dengan budaya bangsa ini tentu tidak semata-mata hanya dilakukan di sekolah melalui serangkaian kegiatan belajar mengajar dan luar sekolah, akan tetapi juga melalui pembiasaan (habituasi) dalam kehidupan, seperti: relegius, jujur, disiplin, toleran, kerja keras, cinta damai, tanggung-jawab, dan sebagainya. Pembiasaan itu bukan hanya mengajarkan (aspek kognitif) mana yang benar dan salah, akan tetapi juga mampu merasakan (aspek afektif) nilai yang baik dan tidak baik dan bersedia melakukannya (aspek psiko-motorik) dari lingkup terkecil seperti keluarga sampai dengan cakupan yang lebih luas di masyarakat. Nilai-nilai tersebut perlu ditumbuh-kembangkan peserta didik yang pada akhirnya akan menjadi pencerminan hidup bangsa Indonesia. Oleh sebab itu, sekolah memiliki peranan yang besar sebagai pusat pembudayaan melalui pengembagan budaya sekolah (school culture).
Buku ini ditulis sebagai instrumen implementasi pendidikan budaya dan karakter bangsa. Isi buku memuat tentang “Pedoman dan pelaksanaan pendidikan karakter” dan “Pendidikan budaya dan karakter bangsa”. Dilengkapi dengan Permendiknas Nomor 39 Tahun 2008 Tentang Pembinaan Kesiswaan
P3002228S | 306 AQI p | SIRKULASI FIB (300) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain