Skripsi
Alih Kode dan Campur Bahasa rab pada Pembelajran di Pondok Pesantren Ibadurrahman Kutai Kartanegara Kalimantan Timur
Abstrak
Kata kunci: alih kode bahasa Arab, campur kode bahasa Arab, sosiolinguistik
Penelitian ini membahas tentang alih kode dan campur kode bahasa Arab pada pembelajaran di Pondok Pesantren Ibadurrahman. Teori yang digunakan adalah sosiolinguistik Abdul Chair dan Agustina kemudian melihat konteks tuturan menggunakan teori Dell Hymes. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk dan faktor terjadinya alih kode dan campur kode bahasa Arab dalam pembelajaran di Pondok Pesantren Ibadurrahman.
Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data penelitian ini adalah tuturan pengajar dan siswa pada pembelajaran. Sumber datanya adalah pengajar dan siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, rekam, dan catat. Selanjutnya, data dianalisis berdasarkan teori sosiolinguistik yang dikemukakan oleh Abdul Chair dan Agustina dalam alih kode dan campur kode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peristiwa alih kode dan campur kode bahasa Arab pada pembelajaran di Pondok Pesantren Ibadurrahman. Adapun alih kode bahasa Arab yang ditemukan berbentuk alih kode intern dan alih kode ekstern. Faktor alih kode disebabkan karena faktor penutur, mitra tutur, dan perubahan situasi. Sedangkan peristiwa campur kode bahasa Arab ditemukan bentuk campur kode ke dalam dan campur kode ke luar dengan bentuk campuran kata, frasa dan klausa. Faktor campur kode bahasa Arab disebabkan faktor kebahasaan dan faktor sikap.
1514015048 | 011.75 | REFERENSI FIB | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain