Skripsi
Pemerolehan Bahasa Kedua pada Siswa Kelas III SDN 011 Sebulu Kabupaten Kutai Kartanegara: Kajian Psikolinguistik
ABSTRAK
Hadi, Sofyan. 2018. Pemerolehan Bahasa Kedua pada Siswa Kelas III SDN
011 Sebulu Kabupaten Kutai Kartanegara: Kajian Psikolinguistik. Skripsi.
Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas
Mulawarman. Pembimbing I: Syamsul Rijal, S.S., M.Hum.; Pembimbing II:
Irma Surayya Hanum, S.S., M.Pd.
Perkembangan bahasa seseorang merupakan suatu proses yang berlangsung
secara bertahap. Perkembangan bahasa tersebut, dapat berupa pemerolehan
bahasa pertama sebagai potensi lahiriyah yang dimiliki seorang anak maupun
bahasa kedua yang dikuasai setelah bahasa pertama. Perkembangan bahasa
sangat dipengaruhi oleh cara pada tahapan pemerolehannya, baik melalui
kegiatan formal maupun informal. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui
pemerolehan leksikon bahasa kedua (B2); (2) mengetahui pemerolehan fonologi
bahasa kedua (B2); dan (3) mengetahui faktor-faktor apa saja yang memengaruhi
pemerolehan B2 siswa kelas III SDN 011 Sebulu Kabupaten Kutai Kartanegara.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan dengan menggunakan
pendekatan kualitatif yang dipaparkan secara deskriptif. Sumber data dalam
penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 011 Sebulu Kabupaten Kutai
Kartanegara. Kemudian dibatasi pada siswa kelas III SDN 011 Sebulu Kabupaten
Kutai Kartanegara yang yang bernama Yudika Adya Tama, Wahyu Almira Dika,
Ludfia, Anjani, Moh. Farid, dan Ikrima Faiz Hafidz. Pembatasan tersebut
berdasarkan pemerolehan bahasa kedua (B2) siswa kelas III yang hanya
memperoleh dua bahasa. Data utama penelitian adalah bahasa kedua berupa
bahasa lisan siswa kelas III SDN 011 Sebulu Kabupaten Kutai Kartanegara.
Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode simak dan
cakap dengan berbagai teknik. Analisis data pada penelitian ini menggunakan
metode padan. Teknik yang digunakan dengan metode padan ini adalah teknik
pilah unsur penentu (PUP) dan hubung banding memperbedakan (HBB).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas III SDN 011 Sebulu yang
memperoleh bahasa kedua baik berupa bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia
telah dapat menyebutkan beberapa leksikon bahasa kedua(B2). Namun, dari segi
pemerolehan fonologi masih ditemukan beberapa leksikon (bahasa Indonesia
atau pun bahasa Inggris) yang pengucapannya masih mendapatkan transfer dari
bahasa pertama (B1). Adapun faktor-faktor yang memengaruhi pemerolehan
bahasa kedua pada siswa kelas III SDN 011 Sebulu adalah (a) faktor motivasi,
(b) faktor usia, (c) faktor penyajian formal, (d) faktor bahasa pertama, dan (e)
faktor lingkungan.
Kata Kunci : psikolinguistik, pemerolehan bahasa kedua, siswa kelas III
1414015011 | 011.75 | REFERENSI FIB | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain